Semarak HUT Kemenkumham, Berikan Pemeriksaan Kesehatan Gratis dengan Tema Rutan Makassar Peduli

MAKASSAR, MATA SULSEL – Rutan Kelas I Makassar memberikan pengobatan gratis kepada masyarakat yang berkunjung ke Rutan serta masyarakat sekitar kantor. Sulistyadi menyebut hal ini untuk menyemarakkan Hari Dharma Karyadhika yang jatuh pada 30 Oktober mendatang.

“Kegiatan ini kami namakan Rutan Makassar Peduli dalam rangka memperingati Hari Dharma karyadhika atau Hari Ulang Tahun Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia, dengan memberikan Layanan Kesehatan Gratis, meliputi pemeriksaan tensi, gula darah, kolesterol. Kami juga melaksanakan pemeriksaan rapid bagi yang ingin mengetahui apakah terpapar Covid-19 atau tidak. Sedangkan untuk pelayanan terhadap bayi dan anak-anak, kami menyediakan timbang badan.” ungkap Kepala Rutan Kelas I Makassar yang turut memantau jalannya kegiatan di area halaman kantor, MSelasa, (20/10/2020).

Bacaan Lainnya

Lanjut Sulistyadi mengatakan bahwa kegiatan ini melibatkan tenaga Kesehatan dari Rutan Makassar sendiri, yaitu Klinik DR. Saharjo yang beranggotakan 2 dokter umum, 2 dokter gigi dengan 6 perawat serta 1 apoteker.

“Berharap kegiatan ini dapat memberi manfaat bagi masyarakat sekitar, maupun keluarga warga binaan yang pada hari ini mengantarkan titipan makanan sebagai pengganti besukan,” ujarnya.

Arsyad, salah satu pengunjung yang mengikuti pemeriksaan Kesehatan mengapresiasi yang dilakukan Rutan Makassar atas kepedulian terhadap Kesehatan masyarakat.

“Saya sebagai warga masyarakat mengucapkan banyak terima kasih atas kegiatan peduli ini, apalagi di tengah pandemi seperti ini pemeriksaan Kesehatan sangat dibutuhkan,” ujarnya antusias.

Sementara itu, Kepala Seksi Pelayanan Tahanan, Darmansyah mengatakan pekan ini akan fokus pada beberapa kegiatan dalam rangka memeriahkan HUT Kemenkumham 2020.

“Kemarin kami sudah mengadakan penyuluhan dan pengobatan massal terhadap warga binaan, dilanjutkan hari ini pengobatan gratis kepada masyarakat luar. Dan esok Kamis rencana akan diadakan perkemahan warga binaan, Anggota Pramuka bersama Kwarcab Kota Makassar di lapangan dalam Rutan,” terang Darmansyah selaku koordinator kegiatan.

“Kemudian, sejalan dengan tema ‘Rutan Makassar Peduli’ juga akan dilakukan pemberian bantuan kepada Yayasan Nurul Iman. Lainnya ada Pertandingan olahraga Rutan dan Lapas, dan puncaknya nanti akan menggelar upacara secara virtual pada 27 Oktober 2020,” imbuhnya. (Humas Rutan Makassar)

Pos terkait