YHK Ciptakan Kemandirian Energi di Pelosok Maros Lewat Kampung Hijau Energi

Redaksi
17 Feb 2023 20:47
NEWS 0 31
2 menit membaca

MAROS, MATASULSEL.COM – Yayasan Hadji Kalla (YHK) wujudkan Kampung Hijau Energi di Desa Sambueja, Kecamatan Simbang, Kabupaten Maros.

Warga kini bisa memproduksi energi sendiri dan berhasil memproduksi pupuk organik cair sebagai bagian dari keberlanjutan produksi energi.

Energi terbarukan dihasilkan dari reaktor biogas yang dihadirkan Yayasan Hadji Kalla sejak awal 2022 lalu.

Alat ini menghasilkan energi yang dapat mengganti penggunaan elpiji dan pupuk organik non kimia dari ampas kotoran sapi atau bioslurry.

Direktur Eksekutif Yayasan Hadji Kalla, Mohammad Zuhair, menjelaskan Kampung Hijau Energi merupakan salah satu bentuk keseriusan di bidang lingkungan.

Programnya pun bisa dimanfaatkan dalam jangka waktu yang lama. Selain itu, manfaat finansialnya juga sudah jelas.

“Program ini sudah berjalan di 5 kabupaten. Insya Allah tahun ini ada lagi tambahan daerah. Kita berusaha menjangkau potensi ekonomi pedesaan. Tak hanya yang dekat dengan Makassar, tetapi sampai ke pelosok, khususnya di 4 provinisi wilayah kerja, yaitu Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah dan Sulawesi Tenggara,” ungkap Zuhair dalam Media Visit Kampung Hijau Energi di di Desa Sambueja, Kecamatan Simbang, Kabupaten Maros, Jumat (17/2/2023).

Sementara Manager Bidang Kemanusiaan dan Lingkungan Yayasan Hadji Kalla, Sapril Akhmady, menjelaskan program ini di latarbelakangi persentase penggunaan pupuk kimia di kalangan petani yang masih sangat mendominasi.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tag Populer

Belum ada konten yang bisa ditampilkan.