Buka Musrenbang, Bupati Takalar: Perencanaan Menentukan Arah Pembangunan

Matasulsel, Takalar – Bupati Takalar H. Syamsari Kitta membuka secara resmi Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2022 di Aula Pertemuan Wisata Pantai Topejawa Kecamatan Mangarabombang, Rabu 31 Maret 2021.

Saat membuka Musrenbang, Syamsari mengatakan, suatu pembangunan daerah diperlukan perencanaan yang detail dan jelas mulai dari tingkat desa, kecamatan, dan kabupaten. Dengan perencanaan yang matang maka sasaran pembangunan akan lebih tepat.

Bacaan Lainnya

“Jadi pembangunan perlu perencanaan yang matang karena ini akan menentukan arah dan sasaran pembangunan yang tepat,” kata mantan anggota DPRD Sulsel dua periode itu.

Ia pun mengatakan, jika era digitalisasi saat ini menjadikan masyarakat lebih bebas untuk menyalurkan aspirasi. Dengan keterbukaan ini maka pemerintah harus lebih transparan dalam perencanaan dan dan harus siap menerima kritikan dari masyarakat.

“Dalam perencaan pembangunan ke depan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti perbaikan jalan karena Takalar masuk dalam kawasan Mamminasata, sebagaimana dalam Perpres 55 Mamminasata, harus ada conecting antara seluruh kota dalam kawasan Mamminasata,” terang H Syamsari.

Aapalagi kata dia, Takalar yang dekat dari kota Makassar dan merupakan pusat pertumbuhan ekonomi baru merupakan lokus dari pemerintah provinsi yang bisa menggerakkan seluruh sector, terutama sektor ekonomi. Ia pun menambahkan, kondisi pandemi Covid-19 memicu era ketidakstabilan yang menimbulkan berbagai macam perubahan divkehidupan kita.

“Kita perlu melakukan adaptasi di situasi sekarang, meskipun kita menyadari banyak hal yang tidak mampu melakukan adaptasi secara cepat karena berbagai faktor dan kemampuan SDM yang kita miliki,” jelas Bupati Takalar.

Syamsari berharap dengan Musrenbang, semua perencanaan pembangunan Takalar diprioritaskan untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat. Ia pun meminta OPD agar bekerja sama dalam pembangunan kedepan.

Pos terkait