Ketua MUI Makassar Tekankan Khutbah Jumat Wajib Memiliki Format

Redaksi
23 Mei 2023 20:44
EDUKASI 0 74
2 menit membaca

MAKASSAR – Bedah buku kumpulan khutbah Jumat “Pondasi Iman dan Ibadah” dengan tema “Mencari Format Khutbah Jumat Yang Ideal” diselenggarakan Komisi Pengkajian, Penelitian dan Pengembangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Makassar, Selasa, (23/5).

Bedah buku dan diskusi publik dihadiri perwakilan MUI Kecamatan se Kota Makassar dilaksanakan berdasarkan program yang dicetuskan dalam rapat kerja MUI Kota Makassar.

Ketua MUI Makassar, Syekh AG. KH. Dr Baharuddin HS MA, dalam sambutannya mengatakan khutbah itu adalah bagian dari pada Jumat artinya tidak sah Jumat tanpa adanya khutbah.

Khutbah itu pengganti dua rakaat sholat Dzuhur karena khutbah itu sangat penting tetapi isunya ini yang perlu di buatkan format artinya tidak sama dengan ceramah biasa.

“Kalau khutbah itu tidak boleh seenaknya saja apalagi mau melucu-lucu, perlu adanya format yang betul, karena khutbah itu menyempurnakan ibadah, khutbah ada syarat-syaratnya ada rukun-rukunnya, ada orang biasanya menganggapnya khutbah dan membacanya sebagai ceramah biasa, kalau itu menurut Mazhab imam Syafi’i itu tidak sah maka itu perlu memang ada format tertentu, faktor itulah sehingga di adakan pada hari ini untuk mencerahkan,” papar Syekh AG Dr. Baharuddin.

Sementara, H. Andi Bukti Djufrie, selaku Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kota Makassar, yang membuka kegiatan diskusi mewakili Wali Kota mengapresiasi kegiatan ini dan menilai sangat penting dalam memberikan khutbah Jumat.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tag Populer

Belum ada konten yang bisa ditampilkan.