Pemkab Jeneponto Terima Kunjungan Direktur NLR Indonesia, Ini Tujuannya !

JENEPONTO, MATA SULSEL – Pemerintah Kabupaten Jeneponto melalui Dinas Kesehatan menerima Kunjungan Direktur NLR Indonesia Asken Sinaga, MA beserta tim di ruang kerja Kadis Kesehatan Jeneponto, Selasa (30/3/2021).

Kadis Kesehatan Susanti Mansyur, SKM menyampaikan bahwa Kunjungan Direktur NLR ke Kabupaten Jeneponto dalam rangka pemantauan kegiatan NLR di Kabupaten Jeneponto salah satunya adalah Project MARDIKA (Masyarakat Ramah Disabilitas dan Kusta). Project ini dilaksanakan baru di dua kabupaten di Indonesia yakni di Cirebon dan Jeneponto. Tujuan project ini adalah mewujudkan desa yg inklusi/ramah disabilitas dan kusta.

Bacaan Lainnya

Project ini adalah upaya bagaimana kusta dan disabilitas tidak menjadi stigma di masyarakat sehingga penyandang disabilitas maupun orang yang pernah mengalami kusta (OYPMK) dapat hidup seperti masyarakat pada umumnya.

Pada kesempatan ini pula juga hadir dr. Astri Ferdiana, MPH,Ph.D salah seorang konsultan NLR yang juga melakukan pemantauan pelaksanaan Peer Counseling kusta yg dilaksanakan di lima puskesmas se-kabupaten Jeneponto kegiatan ini merupakan pilot project pertama di Indonesia yang melibatkan teman sebaya (OYPMK) petugas kusta serta petugas kesehatan jiwa di fasyankes, Peer Konseling ini bertujuan bukan saja penanganan secara medis tetapi juga penanganan secara psikis (psikologis) pada penderita kusta.

Dengan kegiatan – kegiatan NLR di Jeneponto diharapkan kusta di Jeneponto tidak menjadi masalah baik secara medis maupun psikologis sehingga penderita kusta dapat mandiri dan produktif.

Kunjungan Direktur NLR Indonesia diterima oleh Kepala Dinas kesehatan Kabupaten Jeneponto, Syusanti A. Mansyur didampingi oleh Kabid P2P Suryaningrat di kantor Dinas Kesehatan yang dilanjutkan dengan kunjungan lapangan ke Desa Kapita dan desa Banrimanurung sebagai lokasi kegiatan project NLR di Kabupaten Jeneponto. (*)

Pos terkait