oleh

Tahi Lalat Tak Normal, Ini 5 Tanda Lain Gejala Kanker Kulit

Lifestyle, Matasulsel – Selama ini, tanda dari gejala awal kanker kulit yang paling sering disebutkan adalah tahi lalat yang terlihat abnormal. Namun, ternyata masih ada tanda lain dari kanker kulit yang masih banyak belum orang tahu. Ini lima di antaranya.

Benjolan bening dan tembus cahaya

“Banyak orang tidak tahu itu apa dan berpikir hanya jerawat atau gigitan serangga, sehingga membiarkannya untuk sembuh sendiri. Tidak harus selalu terasa sakit, berdarah, atau menyebabkan gejala lain, tetapi jika itu tidak seharusnya ada maka sudah sewajarnya Anda curiga,” kata Susan Y. Chon, MD, associate professor di Departemen Dermatologi Universitas of Texas MD Anderson Cancer Center.

Seperti tambalan bersisik

Jika Anda adalah pemilik kulit kering, mungkin sudah biasa memiliki kulit yang terlihat bersisik. Namun, jika Anda sudah berusaha melembapkannya atau bahkan mencoba mengobatinya dan tidak juga hilang, maka tidak ada salahnya berkonsultasi dengan dokter.

Benjolan keras dan keluarkan cairan

Dr. Susan menjelaskan, jika ada benjolan yang mengeras, tetapi secara bersamaan mengeluarkan cairan dan tidak sembuh-sembuh, maka itu bisa merupakan tanda kanker kulit karsinoma. “Setiap bintik yang terlihat berdarah, mengeluarkan cairan, atau mengeras, harus dibawa ke dokter kulit,” katanya.

Seperti luka berwarna merah atau ungu

Menurut Mayo Clinic, gejala awal kanker kulit karsinoma dapat muncul seperti luka berwarna merah atau ungu. Jenis kanker kulit langka lainnya, yaitu kaposi sarkoma, juga dapat muncul dengan gejala kulit yang berubah warna. Biasanya ini hanya terjadi pada orang dengan sistem kekebalan yang sudah lemah.

Kondisi kulit yang tidak hilang

Kadang, gejala kanker kulit tidak begitu jelas, kata Dr. Susan. Namun, satu tanda yang pasti adalah itu tidak akan hilang meski sudah diobati. “Orang yang memiliki benjolan kecil akibat peradangan atau gigitan serangga akan mereka hilang dalam beberapa minggu.  Namun, pada kanker kulit, itu akan tetap ada dan sudah seharusnya dibicarakan dengan dokter kulit Anda,” ujarnya.

sumber : womantalk

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed